Shock Culture

Kebanyakan orang yang sudah pernah merasakan hidup di luar negeri pasti pernah merasakan shock culture.
Shock Culture adalah istilah yang digunakan bagi menggambarkan kegelisahan dan perasaan (terkejut, kekeliruan, dll.) yang dirasakan apabila seseorang tinggal dalam kebudayaan yang berlainan sama sekali, seperti ketika berada di negara asing. Perasaan ini timbul akibat kesukaran dalam asimilasi kebudayaan baru, menyebabkan seseorang sulit mengenali apa yang wajar dan tidak wajar. Sering kali perasaan ini digabung dengan kebencian moral atau estatik yang kuat mengenai beberapa aspek dari budaya yang berlainan atau budaya baru tersebut (id.m.wikipedia.org/wiki/Kejutan_budaya)

Saat pertama kali saya datang ke Jepang, saya sangat heran dengan keadaan sosial yang sangat rapi dan tertib. Dari kondisi jalan raya yang teratur, fasilitas publik yang terawat sampai attitude masyarakat Jepang yang sangat menghormati orang lain.
Kondisi jalan di Jepang sangat nyaman untuk pejalan kaki, pemakai sepeda, motor dan kendaraan roda 4 lain nya. Jalan di pisah kan menurut pemakainya. Pejalan kaki mempunyai ruang sendiri, begitu juga dengan pengendara sepeda.

image

Gambar di atas adalah gambaran jalan di Jepang. Trotoar paling kiri di gunakan untuk pejalan kaki, sedangkan sebelah kanan nya digunakan untuk pengendara sepeda.

Untuk masalah budaya antri, masyarakat di Jepang sangat terbiasa mengantri dengan tertib.

image

Awal nya saya tidak terbiasa dengan budaya Jepang tersebut. Namun setelah lama berinteraksi dan memahami pola pikir orang,maka saya pun merasa nyaman dengan perbedaan budaya dan kondisi sosial di Jepang.
Namun, setelah kembali lagi ke Indonesia, saya terkena syndrome shock culture untuk yang kedua kali nya.
Karena saya sudah terbiasa dengan pola hidup di Jepang yang tertib, aman dan saling menghargai, maka ketika kembali ke Indonesia yang kondisi nya sangat berbeda dengan di Jepang, secara otomatis, saya kembali merasa asing.

” Lain ladang, lain belalang ”
Maka kita harus bisa bersikap di mana kita berada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s